Tingkatkan Kapasitas SDM Arsiparis dan Pengelola Arsip, BBTKLPP Yogyakarta Adakan Pelatihan Pengelolaan Arsip Aktif


BBTKLPP Yogyakarta menggelar pelatihan pengelolaan arsip aktif pada Selasa (10/10/2023) yang bertempat di Ruang Rapat Kepala (RRK) BBTKLPP Yogyakarta dengan dihadiri oleh Sub Koordinator Sub Substansi Program dan laporan Nadia Regina Martanti, SKM dan Arsiparis Mahir Kisniati, SIP beserta seluruh pengelola arsip di lingkungan BBTKLPP Yogyakarta. Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia Arsiparis dan Pengelola Arsip.

Adapun narasumber yang turut dilibatkan dalam pelatihan ini berasal dari Tim Operasional Pengelola Arsip PT. Indoraj Arsip Multiguna dengan menghadirkan beberapa diantaranya yaitu drg. Lia Leita Kania Amalia dan Rezza Surya Nugraha. Pada pemaparannya, Reza menyampaikan terkait beberapa hal seperti kegunaan arsip, manfaat arsip yang dikelola dengan baik, permasalahan dalam pengelolaan arsip, hingga pada prosedur pengelolaan arsip yang baik. Bukan hanya sekedar teori dan materi yang disampaikan, pelatihan ini juga dilangsungkan dengan praktik tata cara pemberkasan arsip diantaranya; pemberian guide, pemberian label, tulis nomor berkas, cara memasukkan dalam filling cabinet, penentuan kode dan indeks berkas arsip, serta pembuatan daftar berkas dan isi berkas arsip.

Pada penghujung acara, drg. Lia melakukan pemantauan penyimpanan arsip di BBTKLPP Yogyakarta. Beliau menghimbau agar perlu diperhatikan lagi pengaturan jarak antar rak arsip, ruang transit dan ruang pengelolaan arsip yang terpisah dari record center dan sarana prasarana, dan satu hal yang terpenting adalah bahwa BBTKLPP Yogyakarta agar segera berproses usul musnah.

Dengan diselenggarakannya pelatihan kearsipan ini diharapkan seluruh pengelola arsip di lingkungan BBTKLPP Yogyakarta bisa lebih baik dan lebih bijak lagi dalam mengelola arsip. Oleh karenanya, mari peduli penyelenggaraan kearsipan, mulai dari sekarang, mulai dari sedikit dan mulai dari yang terdekat.

SALAM ARSIP.