BBTKLPP Yogyakarta Dorong Sigap Tanggap Darurat Pegawai Melalui Simulasi Penanganan Kebakaran


Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta mengadakan simulasi kebakaran dan penggunaan alat pemadam kebakaran yang dilaksanakan di halaman kantor BBTKLPP Yogyakarta pada Jumat (17/11/2023). Simulasi dan pelatihan tersebut diikuti oleh para pegawai BBTKLPP Yogyakarta.

Selain pelaksanaan simulasi kebakaran, para pegawai BBTKLPP Yogyakarta juga dilatih dan diajarkan soal jenis-jenis alat pemadam kebakaran dan cara penggunaannya saat terjadi musibah kebakaran. Praktek pemadaman tersebut menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Koordinator Substansi Tata Usaha, Sayekti Udi Utama, S.K.M, M. Kes mengatakan bahwa simulasi atau pelatihan penanganan kebakaran perlu dilakukan secara rutin tiap tahunnya.

“Setiap tahun harus diberikan pelatihan-pelatihan semacam ini” Jelasnya.

Simulasi yang telah diselenggarakan dapat dikatakan berhasil dan sesuai rencana. Kepedulian setiap penghuni gedung terhadap tanda bahaya masih harus terus ditingkatkan. Kesadaran akan keselamatan diri sendiri dan orang lain sangatlah penting.

Beliau pun juga mengajak seluruh pegawai untuk menjaga keselamatan diri dan bersama dengan menumbuhkan niat masing-masing.

“Tentunya dengan niat masing-masing kita jaga kantor kita, kita jaga diri kita untuk keselamatan kita bersama” Ajaknya.

Simulasi penanganan kebakaran tersebut dilakukan sesuai prosedur yang disampaikan dan para pegawai BBTKLPP Yogyakarta turut ikut andil dalam simulasi yang mana harapannya dapat diaplikasikan apabila terjadi kebakaran di lingkungan kantor BBTKLPP Yogyakarta.