Survei Bionomik Larva Dan Nyamuk Dewasa Vektor Filariasis di Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018


Menindaklanjuti hasil pengumpulan data awal dan persiapan ke lokasi kegiatan yang telah dilaksanakan di Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang serta wilayah Puskesmas Pabelan, selanjutnya dilakukan Survei Bionomik Larva dan Nyamuk Dewasa Vektor Filariasis di Desa Segiri, Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang pada tanggal 2-6 April 2018, dimana terdapat penderita di wilayah tersebut.

Survei dilaksanakan di Dusun Gamolan, Dusun Segiri dan Dusun Gombang. Tim BBTKLPP Yogyakarta beserta petugas Dinas Kesehatan, petugas Puskesmas, dan kader kesehatan dusun melakukan survei larva nyamuk vektor Filariasis di berbagai tipe area, karena vektor filariasis terdiri dari berbagai genus nyamuk seperti Culex, Aedes, Armigeres, Anopheles, dll, sehingga area survei cukup luas seperti kontainer penampung air dalam/luar rumah, genangan air di kebun-kebun, kolam, persawahan, hutan, selokan, dan sebagainya yang memungkinkan nyamuk untuk berkembang biak. Adapun survei nyamuk dewasa dilaksanakan di rumah penderita dan empat rumah di sekitarnya. .

Dari hasil survei larva dan nyamuk dewasa tersebut, akan diketahui bionomik nyamuk vektor filariasis sehingga dapat diupayakan pengendalian secara lebih tepat.