In House Training Pengambilan Sampel Lingkungan


Dalam rangka meningkatkan kompetensi petugas laboratorium, telah dilaksanakan In House Training Pengambilan Sampel Lingkungan selama 4 hari pada tanggal 9 - 12 April 2018 di Aula BBTKLPP Yogyakarta. Acara dibuka oleh Kepala Bidang Pengembangan Teknologi dan Laboratorium Indah Nur Haeni, S.Si, M.Sc. Peserta pelatihan sebanyak 30 orang yang berasal dari laboratorium lingkungan di BBTKLPP Yogyakarta.

Narasumber berasal dari P3KLL Jakarta, Fak. MIPA UGM, Fak. Pertanian UGM, Fak. Kedokteran Hewan UGM dan Balai Laboratorium Kesehatan DIY. Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini adalah : pengambilan sampel air untuk pengujian fisika kimia; pengambilan sampel air untuk pengujian legionella, total coliform, jumlah kuman dan bakteri pathogen; pengambilan sampel lingkungan untuk pengujian leptospira; pengambilan sampel hewan; pengambilan sampel udara ambien dan emisi; pengambilan sampel sludge, tanah dan sedimen untuk pengujian fisika kimia dan TCLP serta pengambilan sampel pangan.

Penutupan oleh Kepala Seksi Teknologi Pengendalian Penyakit Rudi Priyanto, S.Si. Dari pelatihan ini diharapkan agar ilmu yang diperoleh dapat diaplikasikan di tempat kerja masing-masing peserta dan meningkatkan kapasitas petugas laboratorium BBTKLPP Yogyakarta sebagai laboratorium penguji dan kalibrasi yang terakreditasi KAN.