Pembekalan Petugas Dan Pelaksanaan Survei Tingkat Kap Masyarakat Terhadap Malaria dan Kelambu Berinsektisida Di Kabupaten Magelang


Tahun 2017 pemerintah bersama pemerintah daerah (Provinsi Jawa Tengah) telah mendistribusikan kelambu berinsektisida tahan lama – long lasting insecticidal net (LLINs) kepada penduduk di daerah fokus malaria melalui Pekan Kelambu Massal Fokus (PKMF). Tujuannya untuk mencegah kontak nyamuk vektor infektif dengan manusia sehingga angka kasus malaria penularan setempat (indigenous) dan jumlah fokus aktif dapat diturunkan. Magelang termasuk kabupaten penyelenggara PKMF tahun 2017 karena setahun setelah dinyatakan eliminasi di kabupaten ini kembali terjadi penularan malaria indigenous. Untuk evaluasi hasil PKMF di Magelang maka dilaksanakan survei secara croosesctional study yang bertujuan memperoleh informasi tingkat pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat tentang malaria dan kelambu berinsektisida, khususnya penggunaan dan pemeliharaan LLINs.

Dalam menjaga validitas hasil survei maka sebelum pelaksanaan survei terlebih dahulu dilakukan pembekalan teknik wawancara dan cara pengisian kuesioner yang tepat kepada 15 enumerator (petugas pengumpul data). Enumerator terdiri  dari 1 petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, 7 petugas puskesmas Salaman-I dan 7 petugas desa. Pembekalan dilaksanakan sehari, tanggal 24 September 2019 oleh tim kajian/survei dari BBTKLPP Yogyakarta. 

Sehari setelah pembekalan, kegiatan dilanjutkan dengan pengumpulan data KAP melalui kunjungan ke rumah subjek - rumah tangga (RT) terpilih. Ada 300 RT sebagai sampel, pemilihannya dicuplik secara acak dari daftar kerangka sampel (KK penerima LLINs). Pada KK terpilih dilakukan wawancara terstruktur pada responden memenuhi kriteria, yaitu KK atau anggota rumah tangga berumur ? 17 tahun. Survei berlangsung selama 4 hari, yaitu tanggal 25 – 28 September. Untuk menghindari ketidaklengkapan/kesalahan pengisian kuesioner maka setiap hari di akhir survei langsung dilakukan pengecekan dan konfirmasi langsung  kepada enumerator terkait (Andi).