SOSIALISASI PETUNJUK PERENCANAAN (JUKREN) PROGRAM PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN PENYAKIT TAHUN 2019


Sosialisasi petunjuk perencanaan Program Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit tahun 2019 diselenggarakan oleh Bagian Program dan Informasi Setditjen P2P Kementerian Kesehatan RI pada tanggal 8 sd 10 Oktober 2018 di Bandung, Jawa Barat. Pertemuan sosialisasi ini dihadiri oleh 59 orang Kabag/Kasubag TU dari UPT Ditjen P2P Kementerian Kesehatan RI (KKP dan BB/BTKL) dan 34 orang Pejabat/Staf Perencana Program P2P Dinas Kesehatan Provinsi se Indonesia. Pertemuan dibuka dengan laporan panitia dan arahan Sesditjen P2P yang disampaikan oleh Kepala Bagian Program dan Informasi, Ibu dr. Siti Nadia Tarmizi M. Epid. Sosialisasi ini menghadirkan beberapa narasumber yang menyampaikan mengenai Kebijakan Perencanaan Penganggaran Pagu Alokasi Anggaran Kementerian Kesehatan TA. 2019 oleh Biro Perencanaan dan Anggaran, Catatan Hasil Review RKAKL Pagu Anggaran Program P2P Tahun 2019 oleh Itjen Kementerian Kesehatan RI. Sosialisasi Petunjuk Perencanaan Program P2P Tahun 2019 yang meliputi program kegiatan di Surveilans dan Karantina Kesehatan, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonosis, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular,  Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza juga kegiatan Dukungan Manajemen yang disampaikan oleh Bagian Program dan Informasi Setditjen P2P.


Dari pertemuan Jukren ini disampaikan beberapa kebijakan perencanaan dan arah prioritas pembangunan baik prioritas nasional dan prioritas bidang yang harus dikawal bersama oleh seluruh jajaran di Pusat dan Daerah. Harapannya setiap kegiatan yang didesain mengacu pada rambu-rambu yang telah ditetapkan secara nasional dan berorientasi pada kemakmuran masyarakat luas.
Pertemuan sosialisasi jukren P2P Tahun 2019 ditutup oleh Kepala Bagian Program dan Informasi, Ibu dr. Siti Nadia Tarmizi M.Epid. Beliau mengajak seluruh satuan kerja di lingkungan Ditjen P2P baik Dinas Kesehatan dan UPT untuk mengawal proses perencanaan agar sesuai dengan koridor peraturan dan menu rambu perencanaan yang telah tersedia, sehingga diperoleh perencanaan yang berkualitas melalui produk DIPA TA 2019 yang efektif, efisien dan bermanfaat untuk masyakarat.