Pertemuan Desk RKA-K/L Gelombang I Satker UPT dan Dekon Ditjen P2P Tahun Anggaran 2019


Pada tanggal 15-19 Oktober 2018 BBTKLPP Yogyakarta mengikuti Pertemuan Desk RKA-K/L Gelombang I Satker UPT dan Dekon Ditjen P2P Tahun Anggaran 2019 di Bekasi, Jawa Barat.

Pertemuan ini dibuka oleh Sekretaris Ditjen P2P dr. Asjikin Iman Hidayat Dachlan, M.A yang dalam arahannya menyampaikan bahwa penghematan yang diterapkan di pagu anggaran harus betul-betul disikapi dengan memperhatikan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dengan cara penguatan value for money dengan anggaran berbasis hasil dan penajaman anggaran berbasis prioritas.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan panel narasumber dari Direktorat Jenderal Anggaran yang menyampaikan materi tentang Kebijakan penyusunan RKAKL Pagu Alokasi Anggaran dan Pokok-pokok perubahan PMK nomor 94/PMK.02/2017 tentang Petunjuk Penyusunan dan Penelaahan RKA-K/L dan Penelaahan DIPA.  Biro Perencanaan Kementerian Kesehatan menyampaikan Pedoman Penelitian RKA-K/L Pagu Alokasi Anggaran Tahun 2019, dan Bagian PI Setditjen P2P menyampaikan Petunjuk Penyusunan Perencanaan Program Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tahun 2019  dengan beberapa perubahan yang tercantum di dalamnya; Mekanisme Desk RKA-K/L Alokasi Anggaran Satuan Kerja Dekonsentrasi dan UPT Ditjen P2P TA 2019.

Proses pelaksanaan reviu dokumen perencanaan tahun anggaran 2019 satker di lingkungan Ditjen P2P Kemkes RI, dilakukan melalui metode desk yang diawali dengan unit utama dalam rangka mengawal perencanaan teknis program oleh Direktorat SKK, Direktorat PPTVZ dan Direktorat P2ML serta Setditjen P2P sehingga diterbitkan dokumen Catatan Hasil Desk (CHD).

Reviu berlapis kemudian dilanjutkan oleh Biro Perencanaan dan Anggaran Kemkes RI yang menerbitkan Catatan Hasil Penelitian (CHP) dan Inspektorat Jenderal Kemenkes RI dengan terbitnya Catatan Hasil Reviu (CHR).

Desk RKA-K/L untuk BBTKLPP Yogyakarta telah dilaksanakan dengan hasil CHD, CHP dan CHR TANPA catatan sehingga diharapkan proses akhir reviu anggaran di Kementerian Keuangan dapat sesuai dengan usulan perencanaan anggaran dan kegiatan di tahun anggaran 2019 BBTKLPP Yogyakarta.

Hasil penelaahan dokumen perencanaan ini bisa menjadi rujukan persiapan percepatan pelaksanaan kegiatan tahun 2019 khususnya untuk beberapa pengadaan yang optimalnya dilakukan dengan metode praDIPA, seiring dengan jadwal tahap akhir proses finalisasi DIPA TA. 2019 oleh Kemenkeu RI yang diperkirakan terbit di akhir November atau awal Desember 2018.

Harapannya seluruh upaya pengawalan atas dokumen perencanaan usulan anggaran ini mampu menjamin setiap kegiatan yang direncanakan akan dilakukan dan memberikan keluaran yang nyata dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.