Pelatihan Peralatan Kesehatan Lingkungan Bagi Petugas Kesehatan Kabupaten/Kota


Hotel Santika Premiere Semarang, 23-25 Oktober 2018

Kesehatan Lingkungan adalah upaya pencegahan penyakit dan/atau gangguan kesehatan dari faktor risiko lingkungan untuk mewujudkan kualitas lingkungan yang sehat, baik dari aspek fisik, kimia, biologi maupun sosial. Didalam amanat UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, masyarakat memiliki hak untuk mendapatkan lingkungan yang sehat dan kewajiban menyelenggarakan lingkungan sehat merupakan tanggung jawab pemerintah, pemerintah daerah dan masyarakat.

Untuk menciptakan lingkungan sehat diperlukan upaya Kesehatan Lingkungan yang meliputi penyehatan, pengamanan dan pengendalian sesuai amanah Peraturan Pemerintah nomor 66 tahun 2014 tentang Kesehatan Lingkungan. Tolak ukur dari pencapaian upaya Kesehatan Lingkungan adalah dengan adanya baku mutu kesehatan lingkungan dan persyaratan kesehatan. Indikator kesehatan lingkungan ini menjadi salah satu indikator pembangunan nasional yang pemenuhannya harus dilakukan secara terukur.

Kementerian kesehatan berkomitmen mendukung upaya pemerintah daerah dalam turut bersama-sama menciptakan lingkungan sehat, terutama untuk fasilitas pengukuran kualitas lingkungan yang menjadi faktor risiko lingkungan dalam mencegah penyakit dan/atau gangguan kesehatan. Pencapaian indikator kesehatan lingkungan diantaranya dengan menggunakan kegiatan inspeksi kesehatan lingkungan dan pemeriksaan laboratorium.

Data dan informasi pengukuran kualitas lingkungan diharapkan dapat dikumpulkan secara berjenjang, baik di tingkat puskesmas maupun kabupaten/kota. Dan kabipaten/kota dapat menjadi rujukan bagi hasil Inspeksi Kesehatan Lingkungan Puskesmas, yang mana data dan informasi ini nantinya akan menjadi aset pemerintah untuk menentukan intervensi, investigasi, dan penentuan kebijakan pembangunan kesehatan lingkungan.

Acara di awali dengan laporan ketua panitia yang disampai oleh Ibu Jelsi, dilanjutkan dengan pembukaan dan arahan yang disampaikan oleh Direktur Kesehatan Lingkungan, dr. Imran Agus Nurali, SpKO dilanjutkan dengan penyampaian materi Kebijakan Kesehatan Lingkungan.

Dilanjutkan dengan presentasi Tehnik Pengambilan Sampel Lingkungan oleh Kepala BBTKL PP Yogyakarta, DR. dr. Irene, MKM didampingi oleh Kasie TTG Rudi Priyanto, S.Si.

Panel presentasi ini diakhiri dengan diskusi dan selanjutnya peserta akan melanjutkan dengan pelatihan penggunaan alat keesokan harinya.

Peserta workshop diharapkan dapat menggunakan dan memanfaatkan semaksimal mungkin untuk kebutuhan pelaksanaan program.