Pertemuan ASEAN EGM ke-5, Simposium Internasional, Sosialisasi Metrologi, dan Workshop Kalibrasi


Puslit Metrologi LIPI menyelenggarakan “Pertemuan ASEAN EGM ke-5, Simposium Internasional, Sosialisasi Metrologi, dan Workshop Kalibrasi” di Hotel Alana Sleman Yogyakarta pada tanggal 25-26 Oktober 2018 yg dihadiri oleh perwakilan Expert Group on  Metrology (EGM) dari negara- negara ASEAN, laboratorium kalibrasi dari instansi negeri, swasta, industri, dan perguruan tinggi.  Peserta dari BBTKLPP Yogyakarta sebanyak 3 orang yaitu Indah Nur Haeni, Evi Asmilaningsih, dan Rina Puspitasari.
Acara dibuka oleh Bapak Dr. Mego Pinandito, M.Eng. sebagai Deputi Jasa Ilmiah LIPI dan dilanjutkan sambutan dari Bapak Dr. Gufron Zaid, M.Sc. sebagai Plt. Kepala Puslit Metrologi LIPI, Dr. Tomas Liew ketua EGM Singapore, Dr. Rusmin Amin Direktorat Metrologi, dan Dr. Kuwat Triyana dari UGM.
Metrologi terbagi menjadi metrologi ilmiah, metrologi legal dan metrologi industri. metrologi diperlukan untuk memperoleh produk yang berkualitas. Kantor Metrologi legal sebagian besar bersifat operasional (tera) dan kurang dari 20 kantor yang bersifat pengawasan. Setiap alat ukur yang masuk ke Indonesia harus melewati kementerian.  Peralatan di fasilitas kesehatan juga harus dikalibrasi oleh laboratorium kalibrasi yang memiliki ijin dari kemenkes dan laporan yang dikeluarkan mencakup keterangan bahwa alat yang dikalibrasi layak pakai/tidak.
Acara hari kedua dilanjutkan dengan workshop kalibrasi yang dibagi dalam 3 kelas yaitu kelas kalibrasi massa, suhu, dan tekanan. Peserta dibagi 3 kelas sesuai pilihan pada saat pendaftaran. Kelas kalibrasi massa diikuti oleh  Indah Nur Haeni, kelas kalibrasi suhu diikuti oleh Rina Puspitasari dan kelas kalibrasi tekanan diikuti oleh Evi Asmilaningsih.