KUNJUNGAN DAN AUDIENSI INDOHUN DI BBTKLPP YOGYAKARTA


Pada tanggal 30 Oktober BBTKLPP Yogyakarta mendapatkan kunjungan dari Indonesia One Health University Network (INDOHUN).
Acara dihadiri oleh 4 orang dari INDOHUN dan 16 orang pejabat struktural,  kepala instalasi dan staf BBTKLPP Yogyakarta. Dalam kesempatan ini disampaikan oleh Bapak Dr. Eko Sugeng Pribadi dan Ibu dr. Diah Iskandaryati mengenai INDOHUN dan maksud kedatangannya dalam rangka melakukan evaluasi/penilaian internal laboratorium pemerintah terpilih khususnya BBTKLPP Yogyakarta pada tanggal 13 dan 14 November 2018. INDOHUN sendiri adalah jejaring yang memiliki 34 Fakultas dan 20 Universitas  anggota yang fokus pada pendekatan kolaborasi multidisiplin antara akademisi dan pemangku kepentingan untuk bekerja sama dalam menangani kesehatan nasional, regional dan global. Tujuan asesmen antara lain untuk mengetahui bagaimana penerapan SNI 8340 : 2016 mengenai Sistem Manajemen Biorisiko Laboratorium di BBTKLPP Yogyakarta. Dari asesmen ini diharapkan nantinya dapat mendampingi BBTKLPP Yogyakarta menjadi Laboratorium yang tersertifikasi SNI 8340 : 2016. Setelah paparan dilakukan diskusi yang  banyak ditanyakan tentang materi dan instrument dalam asesmen nantinya dan kelanjutan dari asesmen.


Kunjungan ini ditutup oleh Kabid PTL BBTKLPP Yogyakarta Ibu Indah Nur Haeni, SSi, MSc. Diharapkan kunjungan dan asesmen INDOHUN nantinya dapat meningkatkan kapasitas Laboratorium Pengendalian Penyakit BBTKLPP Yogyakarta menjadi Laboratorium yang terakreditasi KAN dan tersertifikasi SNI 8340 : 2016.