DISEMINASI INFORMASI HASIL PENILAIAN IMPLEMENTASI KAWASAN TANPA ROKOK DI KABUPATEN BATANG TAHUN 2018


Kawasan tanpa rokok (KTR) merupakan kebijakan nasional yang diterapkan untuk mengurangi dampak buruk tembakau. BBTKLPP Yogyakarta bersama dengan Dinkes Provinsi Jawa Tengah, Dinkes Kabupaten Batang telah melaksanakan penilaian implementasi KTR di Kabupaten Batang pada Bulan Mei 2018. Hasil penilaian implemenrasi KTR disampaikan kepada Pemda Kabupaten Batang melalui acara diseminasi informasi yang dihadiri oleh sekolah dan organisasi perangkat daerah terkait pada tanggal 30 Oktober 2018.


Pertemuan dihadiri 25 peserta terdiri dari 15 orang perwakilan sekolah SD, SMP, dan SMA yang menjadi lokasi penilaian, Dinas Kesehatan, Dinas P&K, Bappeda, Satpol PP, Kantor Kementerian Agama, dan Bagian Hukum Setda Kabupaten Batang. Pertemuan dibuka oleh Kasi P2PTM Dinkes Kabupaten Batang, Bapak Joko Prasetyo, S.K.M., M.Kes, dilanjutkan sambutan Kepala BBTKLPP Yogyakarta diwakili oleh Ibu Ponirah Hayu, S.Si. Dalam sambutan ini disampaikan latar belakang dilaksanakannya penilaian implementasi KTR, indikator Kemenkes RI yaitu prosentase sekolah yang disurvei berstatus KTR sebesar 50%. Acara dilanjutkan presentasi hasil oleh koordinator tim, Pama Rahmadewi, S.K.M., dilanjutkan dengan diskusi. Peserta berbagi informasi dan memberi masukan dalam penerapan KTR di lingkungan sekolah dan OPD, khususnya terkait hambatan yang dihadapi yaitu mengendalikan perilaku merokok dari rekan guru senior. Per tanggal 14 Agustus 2018, telah terbit Perda Kabupaten Batang Nomor 6 Tahun 2018 tentang KTR. Pada kesempatan ini dilakukan pula sosialisasi mengenai Perda KTR tersebut. Dengan terbitnya Perda KTR di Kabupaten Batang, pada intinya seluruh peserta baik dari sekolah dan OPD mendukung penerapan KTR di wilayah Kabupaten Batang. Namun perlu sosialisasi Perda KTR Kabupaten Batang mengingat perda masih baru agar aturan KTR dapat diketahui masyarakat luas.  


Pertemuan ditutup oleh Kasi P2PTM Dinkes Kabupaten Batang. Dalam penutupan ini beliau mengajak seluruh komponen sekolah dan OPD mulai mengiplementasikan Perda KTR di insyansi masing-masing untuk mulai menciptakan Kabupaten Batang sebagai KTR.