Rapat Kerja Pengawasan Inspektorat Jenderal Kemenkes Tahun 2019


Inspektorat Jenderal Kemenkes RI menyelenggarakan Rapat Kerja Pengawasan (Rakerwas) Th 2019 dengan melibatkan 15 Satker di Lingkungan Kemenkes di wilayah Prov. Jateng dan DIY. Acara yang dilaksanakan di Hotel  Santika Premier Yogyakarta, pada tanggal 26 Februari s.d 1 Maret 2019, mengambil Tema  “Penguatan Tata Kelola Pengawasan Intern dalam rangka Mendukung Pembangunan Kesehatan Menyongsong Periode RPJMN 2020 – 2024. Rakerwas yang diselenggarakan setiap tahun ini sebagai sarana dalam rangka sosialisasi pencapaian Kinerja Reformasi Birokrasi dan penyusunan rencana peningkatan tata kelola pengawasan, Manajemen Resiko dan pengendalian Internal Pemerintah khususnya di Lingkungan Kemenkes.


Dalam acara tersebut dihadirkan juga beberapa Narsumber antara lain Staf Khusus Menteri Bidang Tata Kelola Pemerintahan, Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Politik , Hukum, Keamanan, Pembangunan Manusia dan Kebudayaan BPKP dan Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan. Selain ketiga narasumber tersebut Inspektorat Jenderal Kemenkes RI juga menghadirkan Inspektur Jenderal Kemenkeu dan Inspektur VII- Inspektorat Jenderal Kemenkeu sebagai Narasumber untuk menyampaikan tata kelola Pengawasan Internal di Lingkungan Kemenkeu. Dengan dihadirkannya Narasumber dari Kementerian Keuangan tersebut diharapkan peserta dapat mempelajari dan mengambil hal-hal positif untuk diterapkan dalam tata kelola pengawasan Intern di lingkungan Kementerian Kesehatan, mengingat Kemenkeu sampai saat ini menjadi yang terdepan dalam pelaksanaan Tata Kelola Pengawasan Internal.


Selain Diskusi Panel, dalam acara tersebut juga dilaksanakan diskusi Kelompok dan pada diskusi tersebut peserta dibagi menjadi 4 kelompok. Dan didapatkan beberapa Output yang dihasilkan dalam diskusi, Kelompok A adalah dihasilkannya rumusan kebijakan Tata Kelola Pengawasan Intern di lingkungan Kemenkes, Kelompok B adalah dihasilkannya Rumusan Rancangan Rencana Strategis /Rencana Aksi Program Inspektorat Jenderal Kemenkes  Tahun 2020-2024, Kelompok C adalah dihasilkannya Rumusan Implementasi Penanganan Benturan Kepentingan di lingkungan Kemenkes, dan Kelompok D adalah dihasilkannya Rumusan Implementasi Manajemen Resiko di Lingkungan Kemenkes.