Pertemuan Percepatan Eliminasi Malaria Lintas Batas Provinsi Jawa Barat- Jawa Tengah


Dalam rangka percepatan eliminasi Malaria di daerah perbatasan, pada tanggal 6-8 Mei 2019 bertempat di Gedung Pertemuan Setda Kabupaten Pangandaran diselenggarakan acara Pertemuan koordinasi percepatan eliminasi di daerah perbatasan provinsi Jabar dan Jateng. Acara dibuka secara langsung oleh Bupati Pangandaran dengan peserta berasal dari Dinas kesehatan Provinsi Jawa Barat, Jajaran Dinkes kabupaten Pangandaran, Dinkes Kabupaten Cilacap, BBTKLPP Jakarta dan BBTKLPP Jogjakarta yang dihadiri Dr,Dr Irene, MKM (Ka. Balai) dan Sayekti Udi Utama, SKM, M.Kes (Kabid SE), subdit Malaria Ditjen P2P dan SKPD terkait di kabupaten Pangandaran.

Dalam arahan pembukaan Bupati Pangandaran menyampaikan bahwa dalam tahun awal kepemimpinan dimana Pangandaran baru terbentuk menjadi Kabupaten Baru masih memprioritaskan program untuk penyiapan infrastruktur termasuk RS, Puskesmas dan sarana prasarana kesehatannya lainnya. Di sektor kesehatan dengan adanya  program gratis pengobatan bagi warga Pangandaran sangat berhasil dalam memberikan dukungan dalam upaya pengendalian penyakit di Pangandaran. bahkan untuk mensukseskan eliminasi malaria tahun 2023 jajaran pemerintah daerah Pangandaran berkomitmen untuk mendukung melalui kebijakan dalam bentuk regulasi peraturan bupati dan perangkat di bawahnya maupun kepedulian SKPD terkait dalam upaya implementasi pengendalian malaria di masyarakat melalui pemanfaatan anggaran yang ada di masing-masing SKPD maupun penggalian Sumber Daya di Masyarakat.

Pada kegiatan ini juga disampaikan beberapa materi terkait kebijakan dan upaya percepatan malaria baik di Jabar maupun Jateng, diantaranya : Startegi Pengendalian Penyakit Malaria (subdit Malaria), Pembelajaran upaya percepatan eliminasi malaria di kawasan Bukit Menoreh (BBTKLPP Yogyakarta), Dukungan BBTKLPP Jakarta dalam percepatan eliminasi malaria di lintas batas Provinsi Jabar, Pelaksanaan pengendalian malaria di Pangandaran dan daerah Perbatasan (Dinkes Pangandaran), dan Surveilans Migrasi vektor si wilayah kerja KKP Cilacap.

Pada sesi akhir pertemuan dilanjutkan dengan diskusi dan penyusunan Rencana Tindak Lanjut yang menggambarkan rencana kerja seluruh SKPD yang hadir dalam mensukseskan percepatan eliminasi malaria tahun pada tahun 2019-2023.Dalqm RTL tersebut BBTKLPP Yogyakarta juga akan berkontribusi untuk melakukan kegiatan survei resistensi insektisida pengendalian malaria tahun 2019 dan survei reseptivitas daerah endemik malaria tahun 2020 di kabupaten Cilacap Provinsi Jawa Tengah.