Diseminasi Hasil Kegiatan Survei Vektor DBD di Kabupaten Gunungkidul DIY Tahun 2019


Berkaitan dengan kegiatan Sistem Surveilans Sentinel Dengue (S3D) di DIY, pada tahun 2019 dilaksanakan kegiatan Survei Vektor DBD di Kabupaten Gunungkidul. Lokasi kegiatan Survei Vektor DBD dipilih berdasarkan tiga suspek kasus DBD di RSUD Wonosari yang dipilih secara acak dan terkonfirmasi positif dengan pengujian RT-PCR. Pelaksanaan Survei Vektor DBD di lapangan dilaksanakan pada bulan Februari 2019.

Setelah sampel diproses dan diuji di Laboratorium Entomologi dan Pengendalian Vektor serta Laboratorium Virologi di BBTKLPP Yogyakarta, dilakukan analisa data dan penyusunan laporan. Selanjutnya, pada hari Selasa, 18 Juni 2019 dilaksanakan Diseminasi Hasil Survei Vektor DBD di Kabupaten Gunungkidul DIY bertempat di R.M. Moro Joglo Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul. Pertemuan dihadiri oleh perwakilan dari Dinas Kesehatan DIY, Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Kecamatan Wonosari, Kecamatan Ponjong, Kecamatan Karangmojo, Puskesmas Wonosari I, Puskesmas Ponjong I, Puskesmas Karangmojo II, Desa Mulo, Desa Wunung, Desa Bejiharjo, dan Desa Sidorejo, serta perwakilan kader kesehatan di wilayah tersebut.

Hasil lebih lengkap tentang kegiatan Survei Vektor DBD di Kabupaten Gunungkidul DIY Tahun 2019 dapat diakses di BBTKLPP Yogyakarta.