Sosialisasi Penanganan Pengaduan Masyarakat Terpadu (Dumasdu)


BBTKLPP Yogyakarta merupakan salah satu instansi yang menyelenggarakan pelayanan publik yang sangat rawan terhadap adanya komplain atau pengaduan. Pada hari Kamis tanggal 16 Januari 2020 diselenggarakan Sosialisasi Penanganan Pengaduan Masyarakat Terpadu oleh Bagian Advokasi Hukum dan Hubungan Masyarakat Ditjen P2P Kementerian Kesehatan RI. Sosialisasi ini diadakan dengan tujuan memberi pengetahuan tentang dumasdu kepada pegawai. Pertemuan ini dihadiri oleh semua pejabat struktural, Kepala Instalasi dan seluruh tim WBK.

Acara diawali dengan sambutan Kepala  BBTKLPP Yogyakarta yang diwakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Dian Trikoriati, S.T., S.K.M., M.P.H. Dalam sambutannya disampaikan terima kasih atas kehadiran nara sumber dari Bagian Advokasi Hukum dan Hubungan Masyarakat Ditjen P2P Kementerian Kesehatan RI. Dumasdu merupakan salah satu layanan publik yang berfungsi untuk memperbaiki dan memperkuat pelayanan publik. Diharapkan dalam pertemuan bisa diskusi secara aktif untuk perbaikan BBTKLPP Yogyakarta.

Sambutan kedua sekaligus penyampaian materi oleh Bagian Advokasi Hukum dan Hubungan Masyarakat Ditjen P2P Kementerian Kesehatan RI, Iwan Sopyan Fauzi, S.K.M., M.H.Kes. Ucapan terima kasih atas sambutan yang begitu hangat dari BBTKLPP Yogyakarta. Diinformasikan untuk saat ini di lingkungan P2P dibuka jabatan fungsional baru yaitu Pranata Humas, Promkes dan Pustakawan, silahkan satker membuka peta jabatan untuk jabatan fungsional tersebut disesuaikan dengan beban kerja masing-masing satker. Kegiatan-kegiatan pusat yang dilaksanakan di daerah menjadi tugas pranata humas di satker untuk meliputnya sehingga tidak ada yang terlewat. Setelah sambutan dan arahan dilanjutkan dengan penyampaian materi  tentang Manajemen Pengaduan Masyarakat di Lingkungan Ditjen P2P Kemenkes yang berisi diantaranya tentang dasar aturan, definisi, mekanisme dan implementasi. Materi yang disampaikan sangat padat, jelas dan menarik sehingga diskusi berlangsung dengan penuh semangat.

Acara ditutup oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Dian Trikoriati, S.T., S.K.M., M.P.H.   Ucapan terima kasih disampaikan atas pencerahan yang sudah diberikan. Semoga dapat bermanfaat dan dapat sebagai bekal untuk mempertahankan WBK dari Kemenkes yang sudah diraih.