Uji Petik Kualitas Air Minum/PAMSIMAS di Kabupaten Demak, Jateng


Tujuan kegiatan ini adalah mengetahui sistem pengolahan, penyaluran, adminisrasi pada PAMSIMAS. Mengetahui kualitas air pada sumber, pada pelanggan terdekat, tengah dan terjauh. Meningkatkan kapasitas sumber daya manusia kelompok PAMSIMAS dalam pengamanan kualitas air minum.

Kajian ini adalah kajian deskriptif terhadap aspek lingkungan fisik, lingkungan,  Sumber Daya Manusia serta kualitas fisik dan kimia pada PAMSIMAS di BPSPAMS di Kabupaten Demak.Pengumpulan data dilakukan melalui tahap survei/observasi/inspeksi sanitasi, serta pengambilan dan pengujian contoh uji. Setelah dilakukan pengolahan dan analisis data, dilakukan penyusunan laporan dan sosialisasi hasil kajian kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Demak, Kecamatan Kebonagung, Asosiasi PAMSIMAS, Perangkat Desa Soko Kidul serta pengurus PAMSIMAS Tirto Soko Utomo.

Hasil survei dan observasi menunjukkan bahwa secara umum sistem Pengelolaan air berjalan baik, namun perlu dilakukan perawatan dengan jadual yang kontinue,pembuhan dosis bahan kimia yang tepat, sistem penyaluran baik, pengadministrasian baik. Kualitas sumber air tergantung musim (sungai jajar) saat diperiksa berbau, berasa dan keruh, Fe dan Mn cukup tinggi, kualitas (fisik kimia) outlet baik, kualitas (fisik kimia) titik terdekat baik, serta kualitas (fisik kimia) terjauh baik. Secara umum pengetahuan tentang cara pengolahan air, operasional dan perawatan instalasi pengolahan air bersih dikuasai dengan baik oleh parapengelola PAMSIMAS.

Ket : Jika memerlukan dokumen full version dapat mengirim permintaaan dokumen ke email : info@btkljogja.or.id