Analisis Limbah dan Dampaknya Terhadap Kesehatan di Kabupaten Tegal, Jateng


Sentra industri pengecoran logam, yang berada di Desa Pasarean Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal mempunyai dampak penting terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat. Sentra industri pengecoran logam ini termasuk usaha rakyat, dikategorikan usaha kecil menengah. Kegiatan utama adalah mengolah bahan-bahan bekas yang mengandung unsur-unsur logam, termasuk ada yang dikategorikan B3, seperti: aqu bekas, batere, maupun bahan-bahan alumunium untuk dijadikan lempengan-lempengan logam yang kemudian dijual ke industri yang membutuhkan. Usaha pengecoran logam ini pada sisi yang lain diindikasikan telah menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan, dan juga penurunan kesehatan pekerja maupun masyarakat sekitar industri. Berdasarkan kondisi tersebut dikeluarkan kebijakan pemindahan lokasi pengecoran logam; dari yang sebelumnya berada di pemukiman penduduk, biasa disebut Perkumpulan Industri Kecil (PIK) Desa Pasarean menjadi di lokasi yang dikhususkan sebagai sentra industri baru dan jauh dari pemukiman penduduk, di PIK Desa Kebasen. Meskipun jauh dari pemukiman penduduk, namun lokasi PIK Kebasen sesungguhnya berada di kawasan pertanian, sehingga perlu dilakukan pemantauan secara periodik kondisi lingkungan sekitar industri ini.

Kajian deskriptif ini dilakukan dengan desain cross sectional. Kegiatan dilakukan di PIK Pasarean dan PIK Kebasen Kabupaten Tegal. Data yang dikumpulkan adalah kandungan logam berat di lingkungan perairan dan padatan juga di dalam specimen darah penduduk di sekitar PIK.

Hasil kajian menunjukkan teridentifikasi kandungan logam berat, terutama Pb di lingkungan padatan berupa: limbah padat, tanah pekarangan, tanaman, dan sedimen saluran irigasi yang melebihi batas normal, juga di 30% dari 30 spesimen darah responden penduduk dan 37% dari 30 spesimen darah responden pekerja. Sedangkan pada air tanah dan air irigasi kandungan logam berat Pb masih memenuh baku mutu yang dipersyaratkan.

Ket : Jika memerlukan dokumen full version dapat mengirim permintaaan dokumen ke email : info@btkljogja.or.id