PERTEMUAN DISEMINASI INFORMASI HASIL KEGIATAN BBTKLPP YOGYAKARTA TAHUN 2019-2020 DAN RENCANA KEGIATAN TAHUN 2021 DI WILAYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DAN PROVINSI JAWA TENGAH


Dalam rangka memberikan informasi hasil kegiatan BBTKLPP Yogyakarta kepada para pemangku kepentingan dan penentu kebijakan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Provinsi Jawa Tengah, pada tanggal 1 Desember 2020, telah diselenggarakan Pertemuan Diseminasi Informasi Hasil Kegiatan BBTKLPP Yogyakarta Tahun 2019-2020 dan Rencana Kegiatan Tahun 2021 di DIY dan Provinsi Jawa Tengah sebagai wilayah kerja BBTKLPP Yogyakarta. 


Pertemuan diselenggarakan secara virtual/daring melalui aplikasi zoom dan streaming youtube, dengan mengundang Kepala Dinas Kesehatan, para Kabid (P2P, Pelayanan Kesehatan, Penyehatan Lingkungan) dan para Pengelola Program di  Dinas Kesehatan di Provinsi/Kabupaten/Kota DIY dan Provinsi Jawa Tengah serta para stakeholder terkait yaitu B2P2TOOT Tawangmangu, BBVeteriner Wates KP, Kantor Kesehatan Pelabuhan (Yogyakarta, Semarang, Cilacap), BLK dan Kalibrasi Yogyakarta, BLK dan Pengujian Alat Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Lokalitbang Banjarnegara, Balkesmas (Semarang, Pati, Ambarawa, Magelang, Klaten), serta seluruh labkesda di Provinsi Jawa Tengah dan DIY yang erat kaitannya dengan surveilans epidemiologi, faktor risiko penyakit, dan jejaring laboratorium.    


Kegiatan seminar daring diawali dengan laporan ketua panitia penyelenggara (Dr. Andiyatu, S.K.M, M.Si), kemudian sambutan oleh Kepala BBTKLPP Yogyakarta (Dr. dr. Irene, M.K.M), sekaligus secara resmi beliau membuka pertemuan diseminasi informasi BBTKLPP Yogyakarta. Dalam sambutan pembukaan Kepala BBTKLPP Yogyakarta menyampaikan bahwa jejaring surveilans dapat bermanfaat optimal bilamana dapat berlangsung pertukaran data dan informasi epidemiologi yang intensif dan berkesinambungan antar unit-unit surveilans di tiap penyelenggara surveilans. Melalui pertukaran data dan informasi tersebut, maka anggota jejaring surveilans, termasuk BBTKLPP Yogyakarta dapat melakukan respons secara terpadu dengan Dinas Kesehatan Provinsi maupun Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota sesuai dengan fungsinya.


Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi paparan materi dan diskusi secara panel, oleh para narasumber dengan memaparkan 5 (lima) topik materi tentang: (1) Konsep Tele Sehat dan Tele Deteksi dalam Upaya Percepatan Penanggulangan COVID-19 disampaikan oleh dr. Mariya Mubarika; (2) Pelaksanaan Tele Sehat dan Tele Deteksi dalam Upaya Percepatan Penanggulangan COVID-19, oleh Joy Gabriel, S.Si.; (3) Situasi Hasil Kegiatan Program P2P Tahun 2019-2020 dan Kebijakan Pelaksanaan Kegiatan Tahun 2021 di DIY oleh drg. Pembayun Setyaning Astutie, M.Kes. (Ka Dinkes DIY); (4) Situasi Hasil Kegiatan Program P2P Tahun 2019-2020 dan Kebijakan Pelaksanaan Kegiatan Tahun 2021 di Provinsi Jawa Tengah oleh dr. A. Tri Yuli Susanti, M.H. (Kasie P2PM Dinkes Provinsi Jawa Tengah); (5) Overview Hasil Kegiatan BBTKLPP Yogyakarta Tahun 2019-2020 dan Rencana Kegiatan Tahun 2021 di DIY dan Provinsi Jawa Tengah) disampaikan oleh Dr. dr. Irene, M.K.M. (Ka BBTKLPP Yogyakarta)


Dalam penutupan, Kepala BBTKLPP Yogyakarta menyampaikan bahwa pertemuan diseminasi informasi ini diharapkan dapat menjadi wadah sharing informasi, koordinasi dan sinkronisasi  kegiatan program P2P yang diselenggarakan  oleh UPT Ditjen P2P (BBTKLPP Yogyakarta), Dinkes DIY dan Dinkes Provinsi Jawa Tengah bersama jajaran di bawahnya serta institusi terkait lain di wilayah DIY-Jateng, agar kegiatan yang dilaksanakan BBTKLPP Yogyakarta dan berbagai instirusi terkait, terutama dinas Kesehatan provinsi dan dinas Kesehatan kabupaten/kota dapat bersinergi di dalam memberikan hasil yang optimal  dalam percepatan pencapaian target program pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P) baik penyakit emerging, re-emerging maupun new-emerging disease khususnya di wilayah regional DIY-Jateng.