APRESIASI DAN PENGHARGAAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WBK/WBBM KEMENPAN RB 2020


Pada hari Senin, 21 Desember 2020 Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) melaksanakan acara Penyerahan Apresiasi dan Penghargaan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Acara dilaksanakan secara langsung di Ballroom 1, Hotel Fairmont Jakarta dan secara virtual melalui Zoom Meeting.

Sebanyak 763 unit kerja di seluruh wilayah Indonesia mendapatkan penghargaan bergengsi ini. Penghargaan diberikan setelah dilaksanakan evaluasi terhadap 3.691 unit kerja dari 70 Kementerian/Lembaga, 20 Pemerintah Provinsi, dan 161 Pemerintah Kabupaten/Kota yang diusulkan. 

BBTKLPP Yogyakarta menjadi satu dari sepuluh unit kerja di Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang menerima Penghargaan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) secara virtual. Unit kerja lain dari lingkungan Kemenkes adalah BBLK Surabaya, BKTM Makassar, Bapelkes Cikarang, KKP II Samarinda, Poltekkes Medan, Poltekkes Palembang, Poltekkes Surakarta, Poltekkes Semarang, dan RSUP Sanglah. 

Acara dihadiri oleh Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin, secara virtual. Dalam arahannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia yang jatuh pada tanggal 9 Desember. Apresiasi dan penghargaan ini diharapkan dapat meningkatkan integritas instansi pemerintah. Reformasi birokrasi adalah pilar menuju Indonesia maju. 

Wapres juga mengingatkan ukuran integritas berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara yaitu: 1) Kejujuran, yang merupakan nilai dasar dan filosofi yang harus diyakini dan diterapkan; 2) Kepatuhan kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku; 3) Kemampuan bekerjasama untuk meningkatkan kinerja; dan 4) Pengabdian terhadap masyarakat, bangsa, dan negara. 

Selanjutnya predikat apresiasi diserahkan langsung oleh Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo, kepada para pemimpin perubahan yakni kementerian/lembaga/pemerintah daerah yang berhasil membangun zona integritas secara masif. Penghargaan Zona Integritas menuju WBK juga secara langsung diberikan kepada enam perwakilan dan Penghargaan Zona Integritas menuju WBBM secara langsung diberikan kepada lima perwakilan. Predikat dan penghargaan tersebut diharapkan sesuai dengan slogan yang digaungkan Kementerian PANRB, yakni Making Change, Making History.