Kajian Kondisi Kesehatan Lingkungan Sebagai Faktor Risiko Infeksi Nosokomial di Sarana Pelayanan Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, DIY


Tujuan kegiatan ini adalah mengetahui kondisi lingkungan fisik ruang Unit Gawat Darurat, ruang Bedah (OK), ruang Bersalin (VK), ruang Perawatan Pasca Bedah  dan ruang Perawatan Pasca Bersalin di empat rumah sakit di Kabupaten Gunungkidul. Mengetahui upaya sterilisasi dan desinfeksi ruang dan alat medis di di empat rumah sakit di Kabupaten Gunungkidul. Mengetahui kondisi fisik dan  mikrobiologis Unit Gawat Darurat, ruang OK, ruang VK, ruang perawatan OK dan ruang perawatan VK di empat rumah sakit di Kabupaten Gunungkidul. Mengetahui pelaksanaan sistem surveilans infeksi nosokomial yang dilaksanakan di empat rumah sakit di Kabupaten Gunungkidul.

Kondisi tata ruang operasi  RSUD Wonosari, RSU Pelita Husada dan RS. Nur Rohmah kurang mendukung upaya sterilisasi ruangan karena masih ada bagian-bagian ruangan yang sulit untuk dibersihkan, demikian juga ventilasi ruangan perawatan kurang memadai karena < 10 % luas ruangan. Upaya sterilisasi ruang operasi di RSUD Wonosari  dan RSU. Pelita Husada masih belum optimal, terutama dalam hal peletakan lampu UV dan kontrol penggunaannya.  Ruang operasi, perawatan, dan VK di RSUD Wonosari, RSU. Pelita Husada, RS. Nur Rohmah  belum memenuhi persyaratan mikrobiologis.  Ruang operasi, perawatan, dan VK di RSUD Wonosari, RSU. Pelita Husada, RS. Nur Rohmah  belum memenuhi persyaratan suhu, kelembaban dan pencahayaan. RSUD Wonosari dan RS. Nur Rohmah telah melaksanakan surveilans infeksi nosokomial sesuai  standar mutu pelayanan medis, sedangkan di RSU. Pelita Husada dan RSU. PKU Muhammadiyah belum melakukan surveilan infeksi Nosokomial.

Ket : Jika memerlukan dokumen full version dapat mengirim permintaaan dokumen ke email : info@btkljogja.or.id