Surveilans Faktor Risiko Penyakit dalam rangka Arus Mudik di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018


Dalam rangka melakukan upaya pencegahan terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) dan peningkatan kualitas lingkungan dalam situasi arus mudik, maka BBTKLPP Yogyakarta melaksanakan Kegiatan Persiapan Surveilans Faktor Risiko Penyakit dalam rangka Arus Mudik Tahun 2018 di Kota Surakarta Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan persiapan dilaksanakan pada tanggal 9 Februari 2018 di Terminal Tirtonadi dan Stasiun Balapan. Tim BBTKLPP Yogyakarta di Terminal Tirtonadi diterima oleh Bapak Sularjo, Bapak Sugiyono, dan Bapak Suroto. Sedangkan di Stasiun Balapan tim diterima oleh Kepala Stasiun Bapak Nuruddin dan petugas kesehatan stasiun Bapak Tri. Kegiatan persiapan dilaksanakan dengan diskusi dan memaparkan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan.

Berdasarkan hasil diskusi disepakati bahwa kegiatan pelaksanaan observasi/Inspeksi Kesehatan Lingkungan (IKL) dan pengambilan sampel direncanakan pada bulan April 2018. Harapannya dengan adanya koordinasi awal ini kegiatan Surveilans Faktor Risiko Penyakit dalam rangka Arus Mudik Tahun 2018 di Kota Surakarta berjalan dengan lancar dan dapat diperoleh data-data mengenai faktor risiko penyakit dan kualitas lingkungan di tempat-tempat umum sehingga dapat dilakukan upaya pencegahan terjadinya KLB dan peningkatan kualitas lingkungan dalam situasi arus mudik.