SURVEI BIONOMIK VEKTOR MALARIA DI KABUPATEN PURWOREJO PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2018


Pada tahun 2018, BBTKLPP Yogyakarta mendapat tugas melakukan Survei Bionomik Vektor Malaria di Kabupaten Purworejo dan Kabupaten Magelang. Kegiatan di Kab. Purworejo diawali dengan koordinasi dan pengumpulan data terkait, serta penentuan lokasi kegiatan dengan Dinas Kesehatan Kab. Purworejo dan Dinas Pertanian Kelautan Perikanan Kab. Purworejo pada hari Kamis, 25 Januari 2018.

Pada tanggal 31 Januari dan 1 Februari 2018 dilaksanakan survei bionomik larva nyamuk di musim penghujan di Dusun Bandingan dan Dusun Kedungrejo, Desa Kedung Poh, Kecamatan Loano, Kab. Purworejo. Selanjutnya, pada tanggal 12-14 Februari 2018 dilaksanakan survei bionomik nyamuk dewasa di musim penghujan di kedua dusun tersebut. Tahap kegiatan di lapangan dilaksanakan oleh petugas Dinas Kesehatan Kab. Purworejo, petugas Puskesmas Loano, juru malaria desa, dan petugas kolektor nyamuk yang sudah terlatih, dengan supervisi dan arahan tim BBTKLPP Yogyakarta.

Dengan kegiatan ini diharapkan akan diperoleh informasi lengkap tentang nyamuk Anopheles sp. yang potensial sebagai vektor malaria beserta karakteristik bionomiknya, untuk perencanaan pengendalian vektor malaria.