Pertemuan Koordinasi Untuk Rencana Pelaksanaan Survei Evaluasi Program Eliminasi Filariasis Nasional B/BBTKLPP Dan Subdit Filariasis Dan Kecacingan Tahun 2018


Dalam rangka mendukung tercapainya Program eliminasi Nasional Filariasis tahun 2020, pada tanggal 21 s/d 24 Pebruari 2018 di Hotel Sari Pan Pasifik Jakarta diadakan Pertemuan Koordinasi untuk Rencana Pelaksanaan Survei Evaluasi Program Eliminasi Filariasis Nasional B/BTKLPP dan Subdit Filariasis dan Kecacingan Tahun 2018.

Kegiatan yang dibuka oleh Kasubdit Filariasi dan Cacingan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menyamakan persepsi terkait pemahaman metodologi dan protokol survei evaluasi program eliminasi filariasis serta teridentifikasinya kesenjangan kebutuhan pelaksanaan survei evaluasi baik aspek ketersediaan pembiayaan, sumber daya manusia, dan sumber daya lain sehingga dalam pelaksanaan kegiatan bisa sesuai metodologi dan protokol yang ditetapkan di tingkat nasional sehingga validitasnya dapat dipertanggungjawabkan.

Dalam kesempatan tersebut disosialisasikan materi Kebijakan Program Filariasis di Indonesia, Protokol kegiatan dan dan Dukungan B/BTKLPP dalam Program Filariasis di masing-masing wilayah kerja.

BBTKLPP Yogyakarta yang dalam pertemuan tersebut dihadiri Kepala Bidang Surveilans Epidemiologi dan Penanggungjawab Perencana Program kegiatan Filariasis. Dalam kesempatan tersebut disampaikan rencana kerja BBTKLPP Yogyakarta dalam mendukung kegiatan eliminasi filariais di wilayah layanan BBTKLPP Yogyakarta tahun 2018. Adapun bentuk dukungan yang akan dilaksanakan berupa kegiatan Evaluasi Cakupan POPM Filariasis pada bulan Maret s/d April 2018 di 3 Kabupaten di Provnsi Jawa Tengah, yaitu di Kabupaten Semarang, Wonosobo dan Grobogan serta kegiatan Survei Evaluasi Prevalensi Mikrofilaria Pasca POPM Tahun ke-3 pada bulan Mei s/d Juli 2018 di 3 Kabupaten, yaitu Kabupaten Pati, Blora dan Pekalongan.