Supervisi Persiapan Survei KAP Malaria dalam rangka Evaluasi PKMF (Pekan Kelambu Massal Fokus) dan Pekan Kelambu Massal ke Kabupaten Purworejo


Dalam rangka mendukung percepatan eliminasi Malaria di Kawasan Bukit Menoreh, pada tanggal 28 Pebruari 2018, Kepala Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta DR. Dr. Irene, MKM bersama Kepala Bidang Surveilans Epidemiologi melaksanakan supervisi Persiapan Survei KAP Malaria dalam rangka Evaluasi PKMF (Pekan Kelambu Massal Fokus) dan Pekan Kelambu Massal ke Kabupaten Purworejo.

Dalam kesempatan tersebut selain didiskusikan persiapan dan teknis survey KAP yang akan dilaksanakan pada bulan April 2018 juga dibahas strategi percepatan eliminasi malaria dengan mendorong peningkatan peran serta desa dalam mendukung kegiatan eliminasi Malaria. Bentuk dukungan yang diharapkan adalah masing-masing desa di daerah focus malaria bisa mengalokasikan kegiatan untuk upaya pengendalian penyakit malaria. Untuk mendukung percepatan implementasi di lapangan diperlukan adanya fasilitasi pertemuan yang membahas tentang perencanaan penganggaran bagi desa dalam mendukung kegiatan eliminasi Malaria.

Pada bagian lain juga disampaikan beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan sesuai dengan amanat dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor :HK.O1.O7/ Menkes/498/2017,TentangTim Penanggulangan Malaria Terpadu Bukit Menoreh Di Kabupaten Purworejo Dan Kabupaten Magelang Provinsi JawaTengah Serta Kabupaten Kulon Progo Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, diantaranya : pengumpulan data pemetaan sasaran focus aktif dan beberapa kegiatan peningkatan Kapasitas SDM pengelola Malaria di kawasan Bukit Menoreh seperti : Peningkatan Kapasitas Petugas Penyemprot dan Peningkatan kapasitas Petugas Pengelola Program Malaria Kabupaten dan Kecamatan terkait Penyelidikan Epidemiologi metode125.